10 Kode Etik Blogger Indonesia

Kode etik ini terinspirasi dari 10 Kode Etik Mafioso dan 10 Kode Etik Koboi yang kubaca di Blog Berita. “Mafia aja punya kode etik, masa blogger tidak,” kata Jarar Siahaan.

  1. Menulis dengan jujur, tidak memelintir, apalagi memanipulasi data.
  2. Saling menghargai sesama blogger, tidak boleh menjelek-jelekkan blogger lain, apalagi sampai menimbulkan fitnah.
  3. Mengedepankan silaturahmi, toleransi antarumat beragama, dan perdamaian dunia.
  4. Menyebutkan sumber tulisan, jika mengutip tulisan dari blog lain.
  5. Kreatif dalam menyajikan tulisan.
  6. Tidak boleh menjadikan blog sebagai ajang perselingkuhan.
  7. Saling menolong sesama blogger,  jika diperlukan, sesuai kemampuan.
  8. Tidak menerima amplop, apalagi suap, untuk menulis suatu berita yang tidak sesuai dengan fakta.
  9. Boleh menerima donasi atau pemasangan iklan tanpa paksaan.
  10. Selalu memberikan inspirasi kepada pembaca blog untuk mencapai kemajuan, kesuksesan dan kebahagiaan.

9 tanggapan untuk “10 Kode Etik Blogger Indonesia

  1. wah mas yang poin ke6 kok bisa begitu???
    btw saya mampir ke sini dari google dgn keyword “kode etik blogger” 😛

    itu kan bisa-bisanya saya saja. kalau ada yang mau mengganti atau menambahkan, ya silakan saja…
    makasih udah kesasar kemari.

  2. Wah .. nemu juga kode etik the blogger ..
    Boleh minta izin saya posting ulang di blog saya Mas ..?

    Dari kemarin, saya datang di PEsta Blogger 2008, mulai dibicarakan tentang kode etik. apalagi katanya the blogger ada yang terkait masalah hukum. Aduh .. jadi serem.

    Ternyata saya nemu kode etiknya disini .. sekalian buat dokumentasi saya .. izin posting ulang ya? sembari saya mencari source yang lain juga untuk postingan saya berikutnya ..

    Terimakaish mas untuk kebaikannya

  3. berarti kita boleh sadur dari buku juga? soalnya banyak neh info yang bisa dijadikan sumber inspirasi ngeblog

  4. bolehkah blog kita diisi aplikasi gratis yang memang sudah gratis dari internet? (menyebarluaskan aplikasi gratis seperti game, ebook dll)

Tinggalkan komentar