Wisata Kuliner di Medan: Mie Rebus

Kalau ada waktu main ke Medan, jangan lupa menikmati wisata kulinernya. Percampuran etnis yang ada di Medan membuat makanan lebih berwarna. Etnis India, Arab, Melayu, Cina, Padang, Jawa, dan Batak telah menciptakan sebuah rasa baru yang “Medan kalee“.

Kalau lagi pulang ke Medan, ingin rasanya “kuhajar” semua makanan, tetapi waktu kunjunganku seringkali terlalu singkat. Lagipula, terkadang mami suka tersinggung kalau kami sering-sering makan di luar. Apalagi kalau dia sudah masak di rumah buat kami.

Salah satu makanan yang sangat saya rindukan adalah mie rebus. Kalau di Medan, yang disebut mie rebus berarti mie ala orang keling. Jadi, jangan bayangkan mie rebus seperti di Jakarta yang diseduh dari mi instan, dicampur telor dan sawi.

Mengapa disebut mie keling? Karena sumber resepnya dari orang keling (peranakan India). Meskipun begitu, saat ini penjual mie rebus tidak terbatas pada orang keling. Bahkan Bang Min, langgananku di Simpang Limun, adalah orang Jawa.

Apa uniknya mie keling ini? Kuah atau sausnya terbuat dari udang yang digiling. Warna sausnya menyerupai warna kecap yang kental. Mungkin karena dicampur tepung maisena. Rasanya gurih, sedikit manis, asin, pedas. Terbayang kan kenikmatannya?

Cara memasaknya: mie basah dan tauge dicelupkan dalam air mendidih. Setelah matang, dituanglah mie dan tauge tadi ke atas piring. Kemudian disiram dengan kuah, ditambah telur rebus setengah potong. Tak lupa bawang goreng dan irisan daun sop (seledri) disiram di atasnya. Ehmmm…

Rasanya khas sekali. Rempah-rempah yang beraneka rupa membuat lidah bergoyang. Apalagi kalau ditambah dengan cabe rawit giling yang masih berwarna hijau. Nendang lae….

Untuk mendapatkan menu ini, tidak sulit menemuinya. Hampir semua restoran besar di Medan seperti Garuda, ACC, Famili menyediakannya. Kalau aku sih sering menikmatinya di jajanan kaki lima di daerah Kampung Keling atau Bang Min di Simpang Limun.

Di Kampung Keling yang jual orang India. Di sini dia berjualan bersama pedagang lainnya, dan tidak memakai papan nama, sehingga namanya tak kukenal. Pokoknya, posisi warungnya pertama kali kita temukan di sebelah kiri.

Di tempat lain ada juga yang mengkombinasikan mie rebus dengan sate kacang atau sate memeng. Satenya sate sapi dengan bumbu kacang yang disajikan tetap hangat.

Harga mie rebus ini sangat bersahabat. Mungkin sekarang seharga sepiring nasi goreng keliling di Jakarta atau sekitar 6 ribu perak.

Di Jakarta agak sulit menemukan mie rebus ini. Dulu saya pernah ketemu di Gading Food City. Di sini menunya sudah ditambah dengan potongan daging sapi yang digoreng kering. Agak berbeda dengan aslinya, tetapi rasanya relatif sama.

Sekarang tampaknya restoran tersebut sudah tidak ada lagi. Jadi kalau lagi kangen mie rebus, ya tidak pernah kesampaian. Ada yang tahu di mana bisa kutemukan mie rebus di Jakarta ini? (Hery Azwan, 28/2/2008)

About these ads
Explore posts in the same categories: Culinary

Tags: , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

33 Comments on “Wisata Kuliner di Medan: Mie Rebus”

  1. akbarramli Says:

    Ada pak Azwan,

    Di daerah menteng, namanya mei rebus gila, tetangganya nasi goreng gilllaaaa

    peace :)

  2. vita Says:

    salam kenal Pak,
    aku lagi nyari resep mie rebus, rindu kaleee, eh ketemu blog ini…btw tau gak resep bikin kuah mie rebusnya ?

    salam kenal kembali.
    wah sayang sekali saya nggak punya resepnya.
    dulu pernah punya dikasih sama adik saya, tetapi udah hilang.
    mungkin di toko buku bisa dicari.

  3. mona Says:

    salam kenal pak herry azwan,
    saya pernah lihat di lap ros (jl. abdulah syafei, dekat mamink daeng tata arah kuningan) ada warung makan yang namanya kedai mamak, menu andalannya adalah mie keling dan lontong sayur medan.
    saya sendiri belum pernah mencoba.

  4. eddy Says:

    mas kalo mau makan mie rebus medan di jakarta di daerah pluit ada tuh.
    Namanya emie Acuan, mirip sama mie rebus yg di kampung keling

  5. Hendri Says:

    Salam kenal

    Tadz kalau lagi pingin makanan2 di atas ntar ana kirimin antum… via apa ya?? andai bisa via email. :)

    Ana orang Jember, sekarang di Medan.

    salam

  6. agrins Says:

    salam kenal,
    Pak Azwan, kalo mau makan mie rebus medan coba di Thai Express deh. Di Jakarta di mall2 pasti ada Thai Express – restoran cepat saji yg rasanya pas dgn lidah melayu, harganya boleh juga tuh..

  7. Sry Lovely Says:

    Salam kenal Pak Azwan,
    Saya Sry dari Medan. Membaca resume Bapak tentang Mie rebus Pak Min di Sp. Limun saya jadi penasaran tuh. Dimana letak persisnya tempat mie rebus tsb.

    Saya harap Bapak mau memberitahu saya. Saya juga berharap bisa bekerja sama dengan Bapak, anggap aja Bapak membantu saya. 061-9105 1717 itu nomor HP saya.

    Thanks Pak,

    SRY LOVELY


  8. ooooopps. kalo mie rebus bukan hanya ada di bang min simpang limun. apa sudah merasakan yang di depan taman ria lama. nama warungnya Sate Mamang ayeb. ada satenya juga loh. apalagi mie rebusnya. pernah suatu hari saya makan di situ sendirian. tidak berapa lama datang pembeli yang memesan mie rebus sebanyak 20 bungkus. bayangkan…….!? coba deh bedain rasanya mie rebus di kampung keling, di bang min simpang limun, atau yang di gatot subroto.

  9. Abas Wijaya Says:

    di daerah Jelambar tepatnya di Pasar Medan ada satu penjual, saya udah cobain ternyata enak juga…….. yang jual asli loe orang Keling…………

  10. IJuliars Says:

    Salam Kenal Bang Azwan..

    Kalo aku perhatikan, Mie Keling itu mirip sama Mie Celor yg khas Palembang, terutama dari bentuk mie, kuahnya yg gurih karena ada rasa santan dan campuran udangnya memang betul-betul membuat lapar..(soalnya tadi aku langsung browsing gambarnya).

    Jadi kangen kampung halaman neh bang.


  11. enak banget emang mie rebus medan ini…ga ada duanya…
    kalo di daerah Jaksel..ada yg tahu ga jualnya dimana?
    Thanks

  12. saimun Says:

    Wahhh… jadi pengen buat neh untuk jadiin komersilll (huehehehehe maklum bang, korban PHK).
    Ada yang tau gak resepnya utk buat mie rebus /mie keling. Yaahhh paling enggak mungkin ada disekitar abang2/kakak yang jual mie itu (yang berbaik hati) mau kasih resep jitunya. Hayyoooo…. ada gak yaaaa? toloooonggg

  13. Rio Says:

    sekedar info : mie rebus di Jakarta ada di Pluit

  14. Hendry Says:

    agrins : ga ada miripnya sama sekali yg di thai express :P
    ijuliars : ga pakai santan kok.
    emie acuan dibanding yg di pasar medan jelambar kupilih yg di jelambar. bukan krn yg jual org keling, tapi rasa kuahnya itu yg benar. emie acuan menang krn udang ebinya lbh banyak tapi rasa tetap yg di jelambar.
    sbbg info yg mo ke jelambar : tanya pasar medan dan LONG MEN adanya di hook. martabak telornya jg enak

  15. mama_aqil Says:

    hai bang azwan..
    salam kenal!!
    aq skdar ksh info masukan az..
    klo d kota mdn rasa mie rebus ny msh kurang am yg ad d kota tebing tinggi,deli.
    rsa ny dhsyat banget..
    smua mie rebus yg abg blg td dah prnh q cb,tp blm ad yg bs nandingin yg d kota tebing..
    mangkal ny dr jm 6 sore mpe mlm..
    d jl.cong afi,dkt sungai..
    yg jual org keling..
    blh cb tuh.. bg!!
    klo mudik k mdn..

    wah di Tebing ya? Jauh juga….Tapi kalau ada kesempatan pasti akan kucoba. Makasih infonya..

    • butterfly Says:

      wah, iya boleh lah sekali-kali singgah kesana bang, saya orang tebing tinggi, saya merekomendasikan wisata kuliner kesana.
      tapi kebetulan keluarga ibu saya udah turun temurun jualan mie rebus jadi saya bisa buat. klo saya lagi kangen saya buat aja sendiri, saya makan bereng-bareng sama temen kostan ^_^

    • masnile Says:

      wah hati hati kalau makan mie rebus orang keling gak di jamin halal..saya gak mau lagi makan mie rebus bila yang jual orang keling ngeri kali ach..

  16. Sofie Says:

    Bang Azwan, akhirnya udah dapet belum dimana letak mie keling itu di Jakarta..tolong dong….udah penasaran banget ni…seenak apa sih…

    Wah, belum nemu nih….

  17. arwani Says:

    bagi2 informasi dong siapa yang tahu, makanan medan yang ada dijakarta.seperti tahu goreng,mie keling dll kangen nich makanan medan

    • wardy Says:

      kalau mie rebus n tahu goreng kalau kepingin istri gua buat sendiri. (citra raya- green sevilla V15/02- Cikupa-Tangerang )

  18. fella Says:

    aq dah nemu…bner ada di daerah tebet..namanya kedai mamak, sebelahan ma warung mamink daeng tata…makanannya asli medan kali..pas kali rasanya kok…


  19. kalo daerah medan refer aja to medan foodblog yang ada di http://www.indrahalim.com lebih dari 200 review

  20. indohoy Says:

    wah wah.. info kuliner nya benar – benar menarik nih.. jadi penasaran seperti apa makanan tersebut.. tapi repot juga harus berwisata ke medan :(
    jauhh…


  21. [...] The busiest day of the year was February 1st with 221 views. The most popular post that day was Wisata Kuliner di Medan: Mie Rebus. [...]

  22. lina Says:

    kl pengen makan mie rebus atau tahu goreng ud ada lho di jakata nggak perlu ke medan, sekarang anda bisa mencobanya di kantin kantor pos jakarta pusat. tepatnya lagi di kantin no 17 nah kantin tsb yang hanya menjual mie rebus

  23. Em Dien Says:

    Kalau orang bekasi yang pengen kali makan mie rebus medan , datang aja ke bekasi barat , belakang Bekasi Square ( arah perumahan Century 2).Namanya Kedai Mie Keling , rasa kuahnya mantappp kalee. Bisa hubungi no telponnya 021-32855382 (Bu Rini)


  24. thnks ya mama_aqil di tebing ntar ku ksana, oh ya ada juga mi rebus yang nikmat di medan yaitu di samping mesjid besar sebelum pajak deli tua medan )mi keling) dan di kampung baru samping gang mesjid simpang sakti lubis/katamso. enak koq…

  25. masnile Says:

    Setahu saya mie rebus medan gak ada hubungan dengan orang keling. di India gak ada tuh makanan dari mie , mie itu aslinya China entah kenapa jadi mie keling dulu waktu saya kecil taunya mie rebus medan dan pedagang yang paling pertama jualan itu kata kakek saya namanya Zainal jualannya dulu di jl. Japaris tahun 1940an lantas diteruskan dengan namanya Sastro sampai 1980an kemudian diteruskan sama anaknya lagi Yusuf yang hingga kini masih jualan di belakang bioskop riang (sekarang bioskop riangnya udah jadi ruko katanya) tepatnya Jl. Martapura. Kata orang orang Medan Mie rebus beliau inilah yang paling orisinil rasanya dan saya pun tak sangsi dgn kehalalannya karena dari jualannya inilah beliau berhaji beliau orang Jawa asli..monggo kalau ke Medan dicoba. Kalau di Jakarta saya udah coba semua tapi ya rasanya gak enak karena udangnya kurang banyak kalii, kuahnyapun yah kurang terasa kaldu udangnya mungkin pake essence aja kali..

    • wardy Says:

      Waaa… saya nggak ngerti kalau mie rebus yang orisinil ada di belakang bioskop riang, saya pernah coba yang di kampung keling ( pernah di kunjungi Pak Bondan – wisata kuliner) rasanya masih kalah sama buatan istri gua.


  26. pak Azwan, yang satu ini ada restaurant baru asli Medan, ada menu mie rebus ini, enak bangeeeeet..patut dicoba, namanya restaurant Sei Deli, di jalan Antasari , kalau dari arah blok M ada di sebelah kiri jalan. selamat mencoba…

    Thanks infonya ya….

  27. Derbi Says:

    Jalan ke tangerang Pak,di pasar anyar Ada yg jual,asli org keling yg jual. Rasanya jg sama spt dimedan. Saya wajib sekali sebulan ke sana.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: